KOMUNIKASI DAN KEPEMIMPINAN
DALAM ORGANISASI
Komunikasi adalah suatu
proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak
kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal
yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal
yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan
menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum,
menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi
nonverbal.
Kepemimpinan
(leadership) adalah bagian tersendiri dari manajemen. Manajer dalam
melaksanakan fungsi-fungsi manajemen memerlukan adanya kepemimpinan.
Kepemimpinan yang efektif harus memberikan pengarahan terhadap usaha-usaha
semua pekerja dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi, tanpa kepemimpinan
hubungan antara tujuan perseorangan dengan tujuan organisasi mungkin menjadi
renggang(lemah).
Hubungan KOMUNIKASI
dengan KEPEMIMPINAN
http://id.wikipedia.org/wiki/Kepemimpinan
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi